5 Kuliner Wajib Anda Coba Saat Ada di Malang

5 Kuliner Wajib Anda Coba Saat Ada di Malang

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang begitu terkenal akan tempat wisata dan sajian kulinernya., daerah yang satu ini punya banyak sekali sajian kuliner khas. Anda bisa berkunjung ke sini untuk menikmati petualangan kuliner yang bakal membuat bahagia sekaligus kenyang.

Perjalanan ke Malang pun tergolong mudah, hanya saja Anda butuh waktu cukup panjang karena tidak ada pilihan pilihannya cukup terbatas. Anda bisa memakai pesawat jika menemukan jam terbang yang tepat, bisa juga memilih bisa juga memilih bus travel yang jauh lebih murah tapi tetap nyaman.

Perjalanan ke Malang sendiri termasuk mudah. Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda, atau bisa juga travel bis yang lebih lama waktu tempuhnya dan menantang.

Sesampainya di Malang, setelah beristirahat, jangan lupa untuk segera mencicipi variasi makanan yang kaya rasa seperti di bawah ini.

  1. Bakso Presiden

Salah satu kuliner khas Malang adalah bakso. Anda bahkan bisa menemukan kedai bakso dengan mudah di seluruh penjuru kota.

Namun di antara sekian banyak warung bakso, bisa dibilang yang paling terkenal adalah Bakso President yang sudah berdiri sejak 1977. Letak kedainya persis di samping rel kereta api sehingga kamu dapat merasakan sensasi makan bakso dengan suasana yang unik.

Ada berbagai jenis bakso yang bisa kamu pilih di Bakso President, mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso telur, bakso goreng, bakso urat, bakso tulang muda, bakso goreng udang, siomai basah, hingga bakso bakar yang merupakan favorit pengunjung.

  1. Depot Tahu Lontong Lonceng

Menu andalan depot ini adalah tahu telur lontong. Penyajian hidangan ini adalah sambal petis diletakkan di dasar piring, lalu diberi irisan lontong. Setelah itu, hidangan ditaburi dengan tahu telur.  Selain tahu telur lontong, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti tahu telur nasi dan tahu lontong biasa.

Depot sederhana ini telah berdiri sejak 1935 dan merupakan salah satu kuliner legendaris di Malang. Sekarang lokasinya pindah ke Jalan Laksamana Martadinata No 66.

  1. Orem-orem

Makanan yang satu ini berbahan dasar tempe, namun memiliki cita rasa berbeda dan unik. Orem-orem berisi irisan tempe sajikan dengan potongan ketupat dan taoge, lalu disiram kuah santan. Rasanya mirip seperti sayur lodeh, tetapi sedikit lebih pedas.

Bila berkunjung ke Malang, Anda akan mudah menemukan banyak penjual orem-orem. Salah satu yang sudah terkenal akan kelezatan hidangannya adalah Orem-orem khas Arema di Jalan Blitar.

  1. Pos Ketan Legenda

Bila ingin mencoba kuliner Malang di malam hari, cobalah mampir ke kawasan alun-alun Batu. Di sini, tepatnya di Jalan KH Agus Salim, Anda akan menemukan warung obernama Pos Ketan Legenda 1967.

 Sesuai namanya, tempat ini menyediakan menu olahan berbahan dasar ketan. Akan tetapi bukan ketan biasa. Ketan ini disajikan dengan berbagai penampah rasa, seperti susu, duren, susu keju, bubuk kedelai sampai ayam suwir. Warung ketan ini pun buka setiap hari mulai pukul 3 sore sampai 3 pagi.

  1. Wedang Angsle dan Ronde

Selain ketan, Anda juga bisa mencoba wisata kuliner lain pada malam hari di Malang. Cobalah untuk mencicipi wedang angsle dan ronde yang juga khas daerah sini. Angsle dan ronde merupakan sajian yang berbeda. Kuah angsle terbuat dari santan, dengan isian yang lebih banyak seperti potongan roti tawar, kacang hijau rebus, kacang tanah sangrai, dan petulo (kembang mayang).

Sementara itu, ronde berisi kacang tanah sangrai, jenang mutiara, potongan kelapa muda, dan moci isi kacang. Isian ronde akan disiram dengan air jahe panas tanpa santan. Salah satu yang terkenal dan ramai pembeli adalah warung ronde dan angsle Titoni di Jalan Zainul Arifin.

Jadi apakah Anda sudah siap melakukan petualangan kuliner di Malang?